Bandung, 17 Oktober 2024, di Ruang sidang lantai 2 Gedung Rektorat, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah menyelenggarakan kegiatan workshop penyusunan kurikulum berbasis Outcomes Based Education (OBE), pada kegiatan ini bertindak sebagai narasumber adalah Ir. Arief Syaichu Rohman, M.Sc, Ph.D yang merupakan dosen di STEI ITB dan juga ketua evaluasi dan akreditasi EAC IABEE, sedangkan pesertanya terdiri dari dua fakultas yaitu para ketua program studi sains dan teknologi dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), wakil dekan 1 bidang akademi serta tim pengembang kurikulum dari masing-masing fakultas.

Kegiatan dibuka oleh ketua LPM Prof Ija Suntana, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan workshop batch kedua, yang pertama kami mengadakan workshop ini pada rumpun ilmu humaniora, kali ini pada rumpun ilmu sains dan teknologi dan berikutnya adalah pada rumpun ilmu agama. semoga kegiatan dapat memberikan manfaat bagi bapak ibu di prodi masing-masing.

Kegiatan inti di isi oleh narasumber dengan memberikan gambaran bagaimana pentingnya kurikulum yang berbasis OBE, karena sudah menjadi standar minimum jika ingin mengikuti akreditasi internasional, khususnya ke IABEE, dan juga ke akreditasi nasional, LAM INFOKOM, LAMTEK, LAM DIK maupun LAMSAMA. Terdapat bagian penting yang belum dilakukan atau sudah dilakukan namun belum maksimal, yaitu proses assessment, pengukuran ketercapaian terhadap CPMK dan CPL yang telah ditentukan. Di sisi lain, pengukuran CPMK sebenarnya sudah kita lakukan jauh sebelum istilah OBE itu ada, namun pengukuran ketercapaian CPL prodi atau nilai rapor prodi inilah yang belum pernah kita lakukan. demikian penjelasan dari narasumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Explore More

Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Rahmatan Lil Alamin

2024-08-22 0 Comments 0 tags

Bandung, 21 Agustus 2024. Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Rahmatan Lil Alamin dengan tema “PKM Profesi Guru”,

Kuliah Umum Fisika

2024-09-09 0 Comments 0 tags

Bandung, 06 September 2024 Jurusan Fisika telah menyelenggarakan kuliah umum fisika semester ganjil 2024-2025, pada kegiatan ini pemateri adalah Prof Bulent Tezkan dari Institute of Geophysics and Meteorology University of

Fordek FST PTKIN – Yogyakarta, 5-8 Juni 2024

2024-06-13 0 Comments 0 tags

Bidang Fisika